Apakah Herpes Simplex Itu?

Herpes simplex adalah infeksi pada kulit yang disebabkan oleh herpes simplex virus. Penularannya melalui kontak langsung kulit dengan kulit, kontak mulut ataupun kontak seksual . Area tersering yang terkena yaitu pada bibir dan pada area kelamin.

  1. Seperti Apakah Gejala dan Tanda Herpes Simplex Itu?
    Infeksi pertama berupa kemerahan pada kulit yang dilanjutkan dengan demam ringan, pembesaran kelenjar getah bening. Tahap terakhir adalah plenting cepat mengering dan ditutupi keropeng dan kemudian luka sembuh dalam hitungan hari. 
  2. Bagaimana Cara Dokter Menangani Herpes Simplex?
    Dokter bisa mendiagnosis herpes simplex berdasarkan gambaran kelainan pada kulit. Namun dalam beberapa kasus diperlukan pemeriksaan kerokan kulit.
  3. Dapat Herpes Simplex Disembuhkan ?
    Tanpa pengobatan penyakit ini dapat hilang sendiri dalam beberapa hari sampai beberapa minggu, walaupun virusnya masih ada di dalam tubuh kita. Pada sebagian orang membutuhkan pengobatan dengan antivirus.
  4. Apakah Ada Komplikasi ?
    Dapat terjadi nyeri berulang, Penyakit dapat bertambah parah bagi penderita dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah. Infeksi virus pada bagian mata bisa berujung kebutaan. Dapat menyebabkan tekanan psikologis pada orang yang tahu bahwa mereka terinfeksi. Infeksi kelamin dapat berakibat fatal pada bayi jika ibu memiliki luka pada waktu melahirkan.
  5. Bagaimana  Herpes Simplex Dapat Dicegah?
    a> Menjauhkan diri dari segala aktifitas seksual.
    b> Gunakan kondom lateks dalam aktifitas seksual.
    c> Orang yang terinfeksi herpes harus menjauhkan seksual dari pasangan yang tidak terinfeksi.
    d> Walaupun Anda tidak memiliki gejala apapun, Anda masih bisa menularkan kepada pasangan Anda.
    e> Usahakan jangan bersentuhan langsung dengan penderita herpes.