Sarapan Bisa Mengurangi Berat Badan

Banyak orang yang melewatkan sarapan dengan berbagai alasan. Ada yang tidak terburu waktu karena harus berangkat kerja atau kuliah dan ada juga yang mengganti jadwal sarapannya menjadi waktu makan siang. Sarapan adalah sumber energi untuk kita dalam beraktivitas dalam satu hari. Hasil penelitian menunjukkan sarapan dapat membuat seseorang lebih cepat bertambah berat badannya. Namun hal ini tidak berlaku untuk beberapa orang.

Menurut pakar gizi dan nutrisi dari Intitut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dr Hardinsyah, MS, studi klinis yang sudah terbukti pada manusia menjelaskan bahwa orang dari golongan menengah ke atas yang melewatkan sarapan, akan menggantinya dengan makan siang dengan porsi yang berlebih. Hal ini bisa memicu penambahan berat badan.

Sebaliknya, hasil penelitian lainnya menunjukkan untuk golongan menengah ke bawah yang melewatkan atau tidak bisa sarapan malah bisa menurunkan berat badan.

Sarapan memenuhi 15% kebutuhan energi Anda setiap hari. Sayangnya, banyak masyarakat di negara berkembang seperti Indonesia yang tidak biasa sarapan karena tidak tahu apa yang harus dimakan dan pentingnya sarapan.

http://lifestyle.okezone.com