Awas, Toilet Umum Berpotensi Tularkan Kanker Serviks

jpnn.com – Kaum hawa harus ekstra waspada dalam menggunakan toilet umum. Ternyata, salah satu faktor penyebab kanker serviks adalah penggunaan toilet.

Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan dr. Tagor Sidabutar, SpOG mengatakan, sebenarnya ada beberapa faktor penyebab kanker serviks. Antara lain berhubungan intim di usia sangat muda, bekerja sebagai pekerja seks komersial (PSK), berganti-ganti pasangan, atau suami yang tak disirkumsisi.

“Tapi saya punya pasien kok bisa kena kanker serviks padahal selaput dara masih utuh alias bukan dari hubungan seksual. Jadi ini bisa juga karena pemakaian fasilitas umum seperti toilet yang dipakai bersama,” katanya dalam Health Talk Tenda Sehat  dalam rangka hari ulang tahun RS Tebet ke-35 di Taman Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu (8/4).

Dia memerinci, virus human papilloma virus (HPV) penyebab kanker serviks terdiri dari 120 jenis. Namun, yang menyerang sekitar 30-40 jenis virus.

Artinya ada yang ganas tidak tidak tapi terpicu faktor internal dan eksternal. “Yang tergolong tidak ganas itu seperti kutil di kemaluan, jengger ayam, kembang kol,” jelasnya.

Itu pula sebabnya dia meminta wanita agar berhati-hati saat menggunakan toilet mungkin sudah digunakan penderita kanker mulut rahim.

Bagaimana dengan fasilitas umum lain seperti kolam renang? Apakah kolam renang juga bisa menularkan virus HPV?

“Tidak. Virus itu tidak bisa berenang seperti itu,” jelasnya.

Meski demikian dia menyarankan pentingnya setia pada pasangan. Selain itu, Tagor menegaskan bahwa tak ada perbedaan antara penderita kanker di Indonesia dan luar negeri.

“Sebenarnya sama saja. Kalaupun ada perbedaannya mungkin bisa saja soal makanan tapi itu sebenarnya hanya untuk meningkatkan antibodi. Kalau untuk kanker bukan sembuh atau tidak sembuh tapi peluang hidup lima tahun ke depan,” jelasnya.(cr1/JPG)

http://www.jpnn.com/news/awas-toilet-umum-berpotensi-tularkan-kanker-serviks