Jantung yang Berdebar Mungkin Bisa Awal Dua Penyakit Ini

Jantung yang Berdebar Mungkin Bisa Awal Dua Penyakit Ini

Jika Anda pernah mengalami jantung berdebar saat bangun tidur mungkin Anda terkena dua penyakit ini: fibrilasi atrium dan sleep apnea.

Sleep apnea adalah sebuah gangguan pernapasan di waktu malam, sedangkan fibrilasi atrium keadaan dimana jantung memompa darah secara lebih intens / keras. Kedua penyakit ini sering terjadi bersamaan namun bisa juga tidak.

Dikutip Live Strong, Kedua penyakit ini diawali dengan gejala sulit bernapas dan jantung yang berdebar kencang. Untuk sleep apnea, gejala dibarengi dengan dengkuran, napas terengal-engal, tersedak. Live Strong menulis ketidakmampuan tubuh untuk mengirim darah berisi oksigen (fibrilasi atrium) bisa membuat kamu terbngun dari tidur karena kaget.

Berikut ini adalah penjelasan penyakit fibrilasi atrium dan sleep apnea.

  • Sleep Apnea

Gangguan tidur adalah tanda khas dari 2 tipe penyakit ini yaitu: tipe obstruktif dan tipe sentral. Bila dibiarkan akan menyebabkan komplikasi jangka panjang seperti penyumbatan darah, darah tinggi, stroke, gagal jantung, serangan jantung, dan fibrilasi atrium. Penanganan biasanya menggunakan alat bantu pernapasan, seperti CPAP (Continuous Positive Airway Pressure), obat-obatan, dan prosedur operasi.

  • Fibrilasi atrium

Adalah tipe ritme jantung yang paling umum. Penyakit ini terjadi pada waktu bilik bawah jantung berkontraksi lebih cepat dari bilik jantung bagian atas. Sehingga darah yang berisi oksigen tidak tersalurkan dengan baik. Berakibat sirkulasi darah menjadi menurun, debaran jantung meningkat. Konsumsi obat-obatan dan kejut simulasi listrik dapat membuat ritme jantung kembali normal.

Penulis : Frieda Isyana Putri, jurnalis detikHealth detik.com

Sumber : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4873464/dua-penyakit-ini-ditandai-dengan-jantung-berdebar-saat-bangun-tidur