Mengobati Sariawan di Lidah

Sariawan merupakan penyakit yang sangat mengganggu. Sebab sariawan, nafsu makan kita akan menurun akibat rasa sakit dan perih di mulut kita

Penyebab sariawan diketahu sangat bervariasi seperti: stres, kencing manis, kebiasaan merokok, HIV, kanker, efek obat-obatan, efek kemoterapi, dan luka akibat tidak sengaja tergigit. Sariawan juga bisa disebabkan oleh infeksi jamur. Sariawan dapat menyerang lidah, rongga mulut, tenggorokan, gusi, dan amandel.

Sariawan yang disebabkan bukan oleh jamur bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Sebaliknya sariawan yang disebabkan oleh jamur maka diperlukan obat antijamur untuk mengahambat pertumbuhan jamur. Obat ini bisa berupa tablet ataupun cairan.

Clomatrizole aaalah obat antijamur sariawan tablet kunyah yang bisa larut dalam mulut. Atau bisa juga meminum obat nystatin. Nystatin adalah obat yang digunakan dengan cara berkumur lalu bisa juga ditelan sesaat kemudian.

Bayi yang menderita sariawan di lidah dan masih mengkonsumsi ASI maka pengobatannya melalui obat krim yang diolesi di puting payudara ibunya. Hal ini untuk mengantisipasi berulangnya penyebaran jamur penyebab sariawan tersebut.

Jika sudah terlanjur terkena sariawan di lidah maka kita perlu melakukan perawatan-perawatan demi meringankan rasa nyeri.

  • Sikat gigi 2 kali sehari

Untuk membersihkan mulut dari sisa-sisa makanan

  • Sebaiknya tidak berkumur dengan obat kumur atau spray

Untuk mencegah tumbuhnya flora normal di mulut, kecuali dapat rekomendasi dokter untuk mengatasi kondisi tertentu

  • Berkumur dengan air garam

Siapkan air hangat 1 gelas lalu campurkan dengan setengah sendok teh garam

  • Minum air putih yang banyak
  • Makan makanan yang lembut dan tidak perlu dikunyah
  • Kurangi makanan gula atau produk yang mengandung ragi
  • Minum yoghurt

Untuk meningkatkan jumlah bakteri baik di tubuh.

  • Kurangi makanan bergula dan beragi

Konsultasikan ke dokter gigi dan mulut jika sariawan Anda tak kunjung membaik.

Peninjau : dr. Kevin Adrian

Sumber : https://www.alodokter.com/cara-mengobati-sariawan-di-lidah