Pilihan Masker untuk Virus Corona

Virus corona semakin menyebar yang berakibat kebutuhan masker sebagai alat pencegah penyebaran semakin meningkat. Untuk memilih jenis masker apa yang cocok untuk mencegah virus corona?. Baca penjelasandi bawah ini.

Sekarang, penggunaan masker sangat dianjurkan bagi siapa saja yang mau bepergian demi pencegahan penyebaran virus corona. Virus corona menyebar melalui media air liur, bersin, batuk, dan pada saat berbicara. Proses penularan berlangsung ketika percikan air liur terhirup oleh orang lain.

Masker untuk penangkal virus corona terdapat 2 jenis :

1. Masker bedah

Masker bedah atau masker untuk operasi bedah adalah masker sekali pakai yang dipergunakan oleh tenaga medis dalam menjalankan tugasnya. Masker bedah memiliki lapisan yang bisa meminimalisir percikan liur orang lain untuk masuk ke saluran pernapasan. Masker bedah memiliki 3 buah lapisan yaitu:

. Lapisan luar yang anti air

. Lapisan tengah yang berfungsi sebagai filter anti kuman

. Lapisan dalam yang befungsi sebagai penyerap air yang keluar dari mulut

Disarankan untuk menggunakan masker yang memiliki ketiga buah lapisan seperti di atas untuk menghalau virus corona. Harga masker bedah relatif murah namun ada kekurangannnya yaitu agak longgar di kedua sisinya.

2. Masker N95

Masker ini mampu menghalau percikan air liur dan juga partikel kecil di udara yang bisa membawa virus corona. Harganya sedikit mahal dibandingkan dengan masker bedah. Masker N95 terasa lebih ketat daripada masker bedah karena didesain secara pas untuk menutupi hidung dan mulut orang dewasa. Untuk anak-anak sebaiknya tidak digunakan karena ukurannya yang terlalu besar.

Masker N95 sebaiknya tidak digunakan untuk sehari-hari karena desainnya yang ketat sehingga menulitkan penggunanya untuk bernapas secara normal, gerah, dan tidak nyaman untuk penggunaan yang lama.

Bagaimana cara penggunaan masker yang benar sesuai anjuran?.

1. Cuci tangan terlebih dahulu

2. Jika menggunakan masker bedah, pastikan sisi putih masker untuk bagian dalam dan sisi hijau untuk bagian luar

3. Pasang tali masker dengan baik. Jika perlu diikat, ikat tali bagian atas terlebih dahulu

4. Pastikan masker menutupi hidung, mulut dan dagu secara sempurna.

5. Lekukan strip logam mengikuti lekuk hidung sehingga tak ada lubang

6. Hindari menyentuh bagian tengah masker ketika memakai atau mencopot

7. Jika sudah dipakai buang masker di tempat sampah. Dan cucilah tangan

Menggunakan masker sangat efektif untuk pencegahan penyebaran virus corona. Tidak kalah pentingnya untuk selalu mencuci tangan yang bersih sehabis melakukan kegiatan di tempat umum.

Ditinjau oleh: dr. Meva Nareza dari alodokter.com

Sumber : https://www.alodokter.com/inilah-pilihan-masker-untuk-virus-corona