Apa Perbedaan Pneumonia dengan Virus Corona?

Akhir-akhir ini di negara Tiongkok sedang dihebohkan dengan penyakit asing yang mirip dengan pneumonia. Penyakit ini dengan cepatnya menyebar ke sejumlah negara lain seperti Jepang, Korea Selatan, Hongkong, dan sejumlah negara di wilayah Asia Tenggara.

Penyakit asing ini pertama kali muncul di kota Wuhan, Tiongkok sejak bulan Desember tahun 2019. Korban meninggal dilaporkan 2 orang. Otoritas setempat sudah melakukan beberapa rangkaian pemeriksaan dengan hasil ditemukan jenis baru virus Corona.

Pneumonia adalah penyakit infeksi yang menyerang paru-paru. Penyebab utama pneumonia adalah virus, bakteri (Streptococcus pneumoniae dan Mycoplasma pneumoniae), dan jamur. Penularannya melalui media udara seperti batuk dan bersin. Virus dan balteri penyebab pneumonia mudah keluar melalui hidung dan mulut penderita.

Sedangkan virus Corona (coronavirus) merupakan penyebab penyakit mulai dari flu ringan hingga yang terberat adalah SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) dan MERS-CoV. Namun, virus yang menjangkiti Wuhan bukan dari kedua jenis ini.

Penderita infeksi virus corona biasanya mengalami demam, batuk, dan sesak napas. Virus ini beresiko pada orang yang sedang sakit atau berdaya tahan tubuh rendah. Dalam kasus yang parah bisa menyebabkan gagal napas dan juga gagal ginjal.

Virus corona ditularkan melalui antar manusia bisa juga tidak. Untuk kasus Wuhan belum diketahui pasti apa penyebab penularan virus tersebut.

Penulis : Khadijah Nur Azizah , Jurnalis Detik.com
Sumber : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4866920/sama-sama-gemparkan-china-apa-sih-bedanya-pneumonia-dan-virus-corona